Jumat, 24 Januari 2014

fitur-fitur keamanan apple ios 7

Sistem operasi iOS 7 untuk iPhone, iPad, dan iPod mulai bisa diunduh. Ia menawarkan penampakan yang hampir semuanya baru.

Sistem operasi ini dibangun oleh orang Inggris, Sir Jonathan Ive dan timnya. Sistem ini akan dipreloaded di produk Apple baru, iPhone 5S dan iPhone 5C yang juga mulai dipasarkan.

Siapa pun akan bisa mengunduh iOS 7 ke device mereka. Tapi, sebelum melakukan, ada 10 hal yang perlu Anda ketahui tentang iOS 7.

1. iOS 7 bisa diunduh secara gratis. Tapi, justru karena itu Anda mungkin harus membutuhkan waktu cukup banyak untuk mengunduhnya. Sebab, akan ada jutaan orang yang melakukan hal yang sama. Sekadar info, iOS 7  tak akan bisa diunduh di produk Apple yang lama seperti iPhone 3G, 3GS, atau iPad regional. Ini juga hanya cocok untuk iPod generasi kelima.

2. Desain dan tata letak iOS 7 mungkin kurang familier dengan para pengguna produk Apple sebelumnya. Sebab, ini menggunakan warna baru, penampakan yang lebih datar, juga font yang berbeda.

Juga banyak efek tembus cahaya. Untuk iPhone 5C, warna device yang Anda beli akan memengaruhi warna wallpaper dan ikon.

3. Sistem iOS baru dibuat untuk memanfaatkan kelebihan prosesor 64 bit di iPhone 5S. Ini menawarkan lebih banyak tenaga untuk aplikasi dan permainan. Tapi, beberapa aplikasi lama tak akan bisa dijalankan. Beberapa device lama juga mungkin tak bisa mengooerasikannya. Untuk mengatasinya, dilaporkan Apple akan memperkenalkan pop-up pointing users untuk mengadopsi aplikasi versi lama agar bekerja dengan baik dengan device tertentu.

4. Tak terburu-buru melakukan updating iOS 7 merupakan langkah bijak. Selain menghemat waktu Anda menunggu proses pengunduhan, Anda bisa mencegah problem keamanan, kecocokan dengan aplikasi, dan fitur yang tak bekerja.

Seperti halnya iOS lain atau software lainnya, pasti ada satu hari penuh masalah. Kemudian pasti akan ada usaha mengatasinya dengan update dalam dua pekan. Langkah terbaik, pengunduhan dilakukan setelah benar-benar tak ada masalah.

5. iOS 7 menawarkan perubahan 200+ untuk sistem operasi menurut Apple. Untuk tahap awal, Notification Center dan Control Center sudah bisa diakses. uga ada fitur Today yang menginformasikan cuaca, lalu-lintas, pertemuan, dan agenda.

6. Untuk mencegah agar iPhone dan iPad tak dicuri, Apple memberikan fitur keamanan ekstra pada pembaca fingerprint baru di iPhone 5S. Ini bisa mencegah maling mematikan fitur Find My iPhone. Dalam iOS 7 ada Activation Lock yang membutuhkan ID Apple Anda dan password untuk bisa mematikan, membuang data, atau kembali mengaktifkan device.

7. iOS 7 juga memungkinkan Anda menggunakan suara Anda untuk melihat Twitter, Wikipedia, atau mesin pencari Bing.

8. Penambahan kamera di iOS 7 tak termasuk mode Burst dan Slo Mo yang hanya ditemukan di iPhone 5S. Tapi, Anda bisa mendapatkan efek foto langsung (real time) dan pilihan kamera persegi untuk ditambahkan dalam video, foto, dan panorama. Caranya untung mengganti-anti juga mudah.

Foto Anda semuanya akan ditampilkan lebih intuitif dan terorganisasi dengan lebih baik dalam app Photo. Anda bisa melihatnya berdasarkan waktu pemotretan dan lokasinya. Juga ada cara baru untuk membagi file dan isi diantara pengguna iOS 7, dengan menggunakan AirDrop atau jaru=ingan Wi-Fi. Sistem ini juga sudah familier bagi pemilik Mac.

9. Browsing web safari sudah diperbaiki dengan permukaan full-screen yang lebih baik. Selain itu, ada banyak pilihan ringtone, alarm, dan suara sistem yang baru. Sehingga, Anda bisa mencoba dan mencari suara yang khas Anda, berbeda dari pengguna iOS 7 lainnya.

10. Radio iTunes menjadi tambahan terbesar. Ini radio berbasis internet yang gratis dan tersedia lebih dari 200 stasiun. Tapi, untuk yang satu ini, sementara hanya bisa dilakukan di Amerika. Selain itu, dalam App Store ada Popular Apps Near Me yang memberi kesempatan kepada Anda untuk menemukan apps berdasarkan letak lokasi Anda.


Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa kode untuk mengunci layar pada perangkat berbasis iOS 7 , masih rentan terhadap adanya akses masuk ke aplikasi di iPhone dan iPad. Kode dapat sewaktu-waktu dicuri untuk membuka pengunci layar.
Cara praktis menyelinap pertama kali ditemukan oleh seorang tentara yang tinggal di Kepulauan Canary, Spanyol, Jose Rodriguez, 36 tahun. Dia melakukan eksperimen di sistem keamanan iOS 7. Pertama, dia men-swipe fitur pengunci di layar perangkat, kemudian masuk ke Control Center, lalu buka aplikasi alarm jam. Selanjutnya, tekan tombol sleep, pilih menu cancel, tekan tombol laman utama sebanyak dua kali.Dengan cara tersebut, Anda bisa langsung mengakses fitur kamera dan membagi file foto. File dapat dibagi melalui surat elektronik, Flickr, Facebook, Twitter, dan lainnya.
Banyak pihak memuji langkahnya dalam membobol sistem pengoperasian tersebut. Namun Rodriguez mengatakan, apa yang dilakukannya bukan bermaksud membobol sistem kemanan, melainkan hanya sebuah uji coba.
Selang 6 hari kemudian setelah celah keamanan ditemukan, Apple bereaksi dengan cepat dan segera membuat perbaikan yang diperlukan untuk menutup celah keamanan. Ini adalah update keamanan tercepat yang pernah dilakukan oleh Apple. Sebelumnya pengguna harus menunggu paling cepat 2 minggu sebelum celah keamanan ditutup.
Apple sudah merilis update iOS 7.0.2 yang membawa perbaikan terhadap celah keamanan. Perbaikan ini turut tersedia untuk model terbaru dari Apple, yaitu iPhone 5S dan 5C. Meskipun celah keamanan tidak terlihat pada model ponsel terbaru, tapi ada pilihan pada on-screen keyboard untuk memasukkan kata sandi apabila bahasa keyboard tersebut diubah ke Yunani. Update diharapkan juga dapat menyelesaikan masalah keamanan pada model terbaru.
Celah keamanan yang ditemukan pada iOS 7 memanfaatkan kelemahan pada fitur Control Panel. Fitur ini menyediakan akses yang cepat ke semua fungsi yang didukung oleh perangkat, termasuk kamera, alarm bahkan hingga lockscreen.
Sebelum ditemukannya celah keamanan, iOS diketahui mempunyai masalah dalam pengolahan teks yang menggunakan encoding Unicode. Permasalahan ini dapat menyebabkan browsers berhenti bekerja.
Begitu juga dengan aplikasi lain yang menggunakan tipe encoding yang sama. Hanya saja permasalahan ini sudah diperbaiki pada rilis iOS 7, meskipun pengguna harus menunggu 6 bulan sebelum mendapatkan perbaikan dari Apple.
Ukuran berkas update berkisar antara 17 MB hingga 20 MB, tergantung dari tipe perangkat yang digunakan. Tentu saja perbaikan keamanan ini tersedia secara gratis untuk semua pengguna perangkat mobile dari Apple. Kalau Anda sudah terlanjur menggunakan iOS 7, sebaiknya segera melakukan update kembali untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
fitur baru IOS 7 yang wajib diketahui oleh pemakainya:


1. Penambahan Security
Pada IOS 7, Apple telah menambahkan fitur keamanan yang lebih detail. Pada menu Passcode Lock sahabat Mampoo dapat mengunci iDevice kalian dengan sebuah password atau PIN dan kemudian mengatur tingkat keamanan ketika menggunakan passcode ini seperti tetap mengaktifkan Siri ataupun tetap dapat membalas SMS.

2. Peningkatan Kinerja Siri
Siri kini dapat memberikan informasi dari Wikipedia dan Twitter, serta mampu mengontrol seting iDevice. Siri juga dapat membantu membaca pesan suara (voice mail).

3. Apple Maps
Sejak diluncurkan di iOS 6 dan banyak mendapatkan kecaman dari para penggunanya, pelan namun pasti Apple Maps mulai berbenah, apalagi ditambah pula dengan masuknya aplikasi Google Maps ke Appstore.
Apple Maps sekarang dapat berubah secara otomatis sesuai dengan kondisi siang dan malam keadaan sesungguhnya. Apabila malam tiba, Apple Maps akan terlihat dengan background lebih gelap.

4. Mail Apple Mail mendapatkan sentuhan sedikit namun memiliki fungsi yang sangat berguna. Semua email yang masuk ke iDevice sekarang dapat ditandai.
 

Sumber :
http://intisari-online.com/read/10-hal-penting-yang-harus-diketahui-soal-ios-7
http://www.centroone.com/lifestyle/2013/09/1r/baru-rilis-apple-update-keamanan-ios-7/
http://www.tempo.co/read/news/2013/09/21/072515350/Apple-Janji-Perbaiki-Sistem-Keamanan-di-iOS-7


Tidak ada komentar:

Posting Komentar