Senin, 30 Juni 2014

Pengertian Fitrah dan Hubunganya dengan Islam,Iman dan Ikhsan

Pengertian Fitrah dan Hubunganya dengan Islam,Iman dan Ikhsan
      Kata fitrah berasal dari kata (fi’il) fathara yang berarti “menjadikan” secara etimologi fitrah berarti kejadian asli,agama, ciptaan, sifat semula jadi, potensi dasar, dan kesucian lalu ada beberapa definisi yang menerangkan tentang masalah fitrah yaitu sebagai berikut :
  1. Menurut ibn al-Qayyim dan ibn al-Katsir, karena fatir artinya menciptakan, maka fitrah artinya keadaan yang dihasilkan dari penciptaannya itu
  2. Menurut hadist yang diriwayatkan oleh ibnu Abbas, fitrah adalah awal mula penciptaan manusia. Sebab lafadz fitrah tidak pernah dikemukakan oleh al-Qur’an dalam konteksnya selain dengan manusia
  3. Dalam kamus Al Munjid yaitu kamus bahasa arab terluas  kata fitrah diartikan atau di definisikan sebagai sunnah, kejadian, tabiat.
  4. Menurut Syahminan Zain (1986 : 5), bahwa fitrah adalah potensi laten atau suatu  kekuatan yang terpendam yang ada dalam diri manusia, yang dibawanya sejak lahir dan itu semua di miliki oleh setiap manusia
 Dari berbagai definisi di atas atau pandangan para pakar mengenai fitrah semua itu masih bersifat umum hal ini bisa kita lihat sepertia firaman Allah Swt :
                “Maka hadapkanlah wajahmu kepada agama dengan selurus-lurusnya (sesuai dengan kecenderungan aslinya), itulah fitrah Allah. Yang Allah menciptakan manusia diatas fitrah itu. Itulah agama yang lurus. Namun kebanyakan orang tidak mengetahuinya” ( Ar-Rum : 30 )
                Dan Rasulullah Saw bersabda yang di riwayatkan  oleh Imam Muslim adalah :
“Tiap-tiap anak yang dilahirkan dalam keadaan fitrah. Hanya bapak ibulah yang menjadikan Yahudi, Nasrani dan Majusi”.(H.R. Muslim)
                Dari berbagai pendapat para ulama bisa di simpulkan bahwa fitrah adalah suatu kemampuan manusia yang di berikan oleh Allah Swt  sejak manusia di lahirkan ke dunia dan itu adalah anugrah
                Hubungan antar kesimpulan di atas mengenai islam ,Iman dan Ikhsan kami berpendapat bahwa fitrah  ini muncul dari dorongan iman dan dan kita mengetahui iman berkat islam dan islam yang di tempuh dengan terus menerus  dengan istiqi\omah maka dan muculah fitrah dalam diri manusia  dan sebagaian manusia kata Allah tidak mengetahuinya dan rasulullah mengatakan bapak,ibu merekalah yang membuat mereka kafir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar