Rabu, 13 November 2013

Kelebihan dan Kekurangan BBM Cross Platform

Kelebihan dan Kekurangan BBM Cross Platform

Saat ini Blackberry Messenger sedang hangat dibicarakan banyak orang. Ya, karena akhirnya setelah sekian lama Blackberry Messenger atau biasa disebut BBM, sudah bisa lintas platform dengan perangkat berbasis android dan iphone. Namun, langkah ini sudah cukup tertinggal jauh oleh pesaingnya, seperti Whatsapp, Line, atau yang lainnya. Pada postingan kali ini, saya akan menjabarkan kelebihan dan kekurangan BBM dibandingkan aplikasi sejenis lainnya.

Kelebihan :
1. Adanya PIN atau ID BBM, tidak dipungkiri, dari sebelum diberlakukannya cross platform, inilah yang membuat BBM lebih unik dibandingkan messenger lainnya. Dengan PIN atau ID BBM, anda dapat berkomunikasi dengan teman atau kerabat tanpa menunjukkan nomer ponsel sehingga menjaga privasi pengguna.
2. Menampilkan percakapan secara realtime, bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi BBM, pasti anda hafal dengan huruf “D” dan “R”. Huruf tersebut menunjukkan apakah pesan telah terkirim atau sudah dibaca secara realtime.
3. Notifikasi perubahan status, pada BBM, anda akan mendapatkan notifikasi berupa perubahan status dari teman anda, yang dapat menjadi bahan perbincangan anda.
Kekurangan :
1. Keterbatasan fitur, dibanding aplikasi BBM pada perangkat Blackberry itu sendiri, fitur-fitur pada BBM cross platform cukup minim, dibandingkan dengan whatsapp, format file yang dapat dishare dari BBM sangat terbatas.
2. Pending message yang sangat sering, jika terjadi disaat yang sangat penting, keadaan tersebut dapat sangat menjengkelkan. Walaupun aplikasi ini sangat ditunggu, namun kesiapan servernya masih belum bisa dikatakan baik.
3. Borosnya kuota internet, dibandingkan dengan aplikasi lain, BBM sangat boros dalam penggunaan data internet. Update foto atau status teman akan sangat menguras kuota anda disaat banyaknya perubahan pada foto atau status secara besar.
4. Konsumsi daya yang besar, dengan sistem BBM yang selalu terkoneksi dengan internet, maka penggunaan listrik pada baterai menjadi besar.
5. Setelah membaca tulisan diatas, mungkin anda dapat memikirkan apakah akan menginstall BBM pada perangkat Android atau Iphone anda. Yang jika dibandingkan dengan pengguna aplikasi messenger lain, BBM masih tertinggal jauh.
6. Tidak tersedia fitur status Online dan Offline List contact pada BBM terbilang unik karena tidak dapat melihat status online dan Offline pada list contact.
7. Masih kurang stabil Di temukan beberapa keluhan terkadang tidak stabilnya BBM, bisa jadi dari server atau jaringan providernya.   Dari beberapa kelemahan ini dapat menjadi perbaikan untuk BlackBerry Messenger ( BBM ) ke depannya agar pelanggan dan pengguna lebih menikmati dari sajian aplikasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar