Sabtu, 08 Maret 2014

PENGARUH BUDAYA BARAT TERHADAP BUDAYA INDONESIA

Saat ini telah banyak budaya-budaya dari barat yang masuk ke Indonesia,masuknya budaya-budaya barat ke Indonesia memberikan berbagai dampak bagi negara kita. Sadar atau tidak,saat ini telah banyak hal-hal yang berubah karena pengaruh budaya-budaya barat yang masuk ke Indonesia. Jika dilihat dari pengaruhnya memang budaya barat memberikan pengaruh positif bagi Bangsa Indonesia,namun juga memberikan dampak negatif bagi bangsa Indonesia .Beberapa contoh pengaruh positif masuknya budaya barat ke Indonesia adalah:
  1. Saat ini telah banyak terjadi perkembangan teknologi diIndonesia karena pengaruh budaya barat,misalnya adalah kemajuan alat komunikasi yang semakin lama semakin berkembang.
  2. Banyaknya benda-benda elektronik yang semakin modern mengikuti perkembangan dunia, misalnya adalah saat ini orang-orang sudah banyak yang memakai laptop yang praktis dan tidak lagi memakai komputer.
  3. Telah banyak kerjasama-kerjasama baik dibidang ekonomi,politik dan kebudayaan antara Indonesia dan negara-negara lain.
Sedangkan contoh pengaruh-pengaruh yang negatif dari masuknya budaya barat ke Indonesia adalah:
  1. Saat ini telah banyak generasi muda Indonesia yang tertpengaruh budaya-budaya barat,misalnya adalah banyak dari sebagian remaja putri yang memakai pakaian yang tidak pantas untuk keluar rumah.
  2. Banyak norma -norma sosial maupun agama yang hilang pada sebagian masyarakat,karena pengaruh bubaya barat.
  3. Adanya pro dan kontra pada masyarakat terhadap hadirnya majalah playboy di Indonesia.
Sebagai rakyat Indonesia kita harus bisa bersikap kritis pada budaya barat yang masuk keIndonesia,agar kita dapat menilai mana yang baik dan mana yang buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar